Minta Maafnya Kok Via Broadcast, Mas, Mba?

09:14



Tradition becomes our security, and when the mind is secure it is in decay - Jiddu Krishnamurti


Setidaknya, ada empat jenis permintaan maaf saat Idulfitri yang biasa kita terima via broadcast:


1. Ucapan mohon maaf lahir batin yang dilengkapi dengan foto diri

2. Ucapan mohon maaf lahir batin dengan segala emoticon yang ada di aplikasi messenger

3. Ucapan mohon maaf lahir batin dengan humor

4. Ucapan mohon maaf lahir batin yang disertai pantun


Mungkin masih ada lagi ucapan dengan jenis lain, tetapi sebetulnya bukan itu yang ingin dibicarakan.


Begini. Dalam hidup, setidaknya kita pernah sekali saja melakukan kesalahan terhadap orang lain. Kesalahan yang besar ya. Yang sampai membuat hubungan menjadi renggang dan seseorang menjadi sakit hati. Momen Idulfitri adalah momen yang tepat untuk memohon maaf dan memperbaiki hubungan. 


Tapi banyak orang yang menganggap bahwa sekadar permintaan maaf lewat broadcast, pesan yang dikirim ke banyak orang, sudah cukup untuk memperbaiki hubungan dan menghapus kesalahan. Memang sih dalam setiap agama, kita diajarkan untuk memaafkan orang (sesuatu yang masih sulit saya lakukan hingga saat ini),tetapi bukankah pihak yang salah seharusnya punya inisiatif untuk meminta maaf?


Namun permintaan maaf saat Idulfitri dewasa ini memang lebih seperti tradisi, dan bukannya keluar dari "hati". Kalau tidak minta maaf, tidak sopan. Nanti dianggap tidak punya tata krama oleh banyak orang. Maklum, tradisi adalah hal yang telah ada turun temurun dan selayaknya dilakukan kalau ingin dianggap normal. Tapi apa artinya permintaan maaf itu apabila kita hanya copy-paste ucapan minta maaf, kemudian menekan tombol via broadcast?

Apa artinya permintaan maaf kalau hanya dianggap sebagai trend semata? Disebar ke banyak orang tanpa melihat siapa yang pernah kita sakiti, siapa yang kita kenal. Hampir tak ada bedanya dengan meme-meme lucu dan hits tentang Valak, tentang Lala si Teletubbies yang kita sebarkan ke banyak orang tanpa pandang bulu, tanpa peduli siapa yang tertawa dan membaca.


Bahkan ucapan ulang tahun terasa masih lebih tulus ketimbang permintaan maaf jenis ini. 


Tapi kembali lagi, tidak semua orang menyadari kalau dia pernah melakukan kesalahan besar pada seseorang.

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe