Orangtua dan Usaha Memberikan Kenyamanan Bagi Anak

18:08



Sebagai orangtua, wajar apabila kita ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Karena anak adalah darah daging kita, tentunya kita tak ingin melihatnya menderita dan kesusahan. Dengan alasan tersebut, kemudian tanpa syarat dan tanpa berpikir panjang kita akan melakukan segala cara untuk membuat anak kita nyaman. Mulai dari menyekolahkan anak di sekolah terbaik, sampai memberikan fasilitas terbaik.

Pokoknya, semua dilakukan untuk anak. Jarang orangtua berkecukupan yang tega membiarkan anaknya kesusahan. Walaupun hal tersebut dilakukan untuk mendidik sang anak. Tidak mungkin kan orangtua tega ke kantor naik Alphard, sementara anaknya naik angkutan umum?

Beberapa orang bahkan berkata bahwa mereka bekerja keras supaya anak mereka tidak perlu merasa kesusahan seperti mereka. Dan ada pula orangtua yang rela mengerahkan segala koneksi yang mereka miliki agar anak mereka mudah mendapatkan pekerjaan.

Apakah ini hal yang baik? Bisa jadi baik, tapi mungkin dampaknya tidak terlalu baik. Pasalnya, anak yang terlalu dimanjakan cenderung lembek dalam menghadapi rintangan. Padahal, hidup tidaklah senyaman rahim ibu dan rumah. Hidup adalah hutan belantara di mana kita tak tahu apa yang akan kita temukan, siapa yang sebetulnya memangsa siapa.

Hal pertama yang membentuk anak adalah keluarganya. Anak seperti tabula rasa, kertas putih di mana dia adalah apa yang kita tuliskan di atasnya. Dia mempelajari hal-hal yang kita berikan kepada dirinya. Bila kita terlalu memanjakannya, dia akan belajar bahwa hidup mudah untuk dilalui dan kegagalan adalah sesuatu yang mengerikan.

Kegagalan adalah hal yang biasa. Namun anak yang sedari kecil mudah untuk mendapatkan segalanya akan menganggap bahwa mereka tidak boleh gagal. Saat dia beranjak dewasa dan menemui kegagalan,dia akan menganggap hal tersebut sebagai akhir kehidupan.

Melihat anak kesusahan dan merasa sedih pasti akan menggores hati kita. Namun layaknya obat, dia memang harus merasakan hal-hal yang pahit terlebih dahulu bukan, agar tidak sakit di masa nanti?

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe