Alih-Alih Rasa, Malah Menjual Suasana

10:00



Mengapa kalian pergi ke restoran? Jawaban mudahnya adalah karena kalian ingin makan. Restoran kan, memang tempat untuk menjual makanan dan minuman. Terutama yang tidak bisa kalian sediakan sendiri di rumah.


Tapi akhir-akhir ini, banyak restoran menyediakan menu yang sebetulnya bisa kita masak sendiri. Dengan harga yang lebih mahal daripada ongkos yang bisa kita keluarkan untuk memasak makanan tersebut sendiri. Anehnya, meski menyadari hal tersebut, kita tetap datang ke sana. Lalu apa yang kita dapatkan?


Jelas, yang pertama adalah, kebersamaan.


Manusia memiliki kecenderungan untuk mengikuti kegiatan komunal. Salah satunya ya, tren restoran. Pierre Bourdieu, salah satu filsuf Prancis yang senantiasa menuangkan pikirannya dalam ranah filsafat sosial, pernah bilang bahwa selera tidaklah netral, selera selalu dipengaruhi oleh masyarakat. Selera tentang sebuah tempat pun begitu. Orang-orang cenderung pergi ke sebuah tempat makan yang ramai dengan alasan "kayaknya asik deh tempatnya, soalnya banyak orang ke sana".


Dan yang kedua adalah, suasana.
Beberapa waktu lalu, saya sempat pergi ke tempat dengan ciri seperti yang telah saya sebutkan di atas: ramai, padahal makanannya sebatas indomie yang bisa dimasak sendiri, juga nasi telur dadar. Minumannya pun juga bisa dibuat sendiri di rumah. Namun tempat itu, punya sinyal wifi yang kencang, serta suasana yang begitu teduh, dengan ornamen-ornamen dinding yang sederhana namun manis. Seperti kutipan-kutipan dalam bingkai, dan hiasan sepeda yang melekat di dinding. Dan saat memandangnya, kalimat yang akan terbayang di benak kita adalah ini: that's so hipster.





Maka, tak mengherankan bila restoran yang terletak di daerah Cempaka Putih ini senantiasa ramai oleh pengunjung. Jelas bukan karena makanannya. Because you can make your own indomie and susu coklat at your own kitchen. Tapi karena suasananya anak muda sekali. Tempat di mana kalian bisa mengobrol panjang, mengunduh dan browsing apa saja di ponselmu, tanpa takut kehabisan kuota internet. Sambil makan masakan yang tidak mahal, tapi mengenyangkan, seperti kalau kalian di rumah.

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe