Pembeli yang Menang

16.09



Dalam tiga hari ini, para pengguna internet akan sangat sering melihat iklan tentang diskon besar-besaran di berbagai situs e-commerce, menyambut Hari Belanja Online Nasional yang dirayakan oleh seluruh situs belanja daring pada tanggal 10 hingga 12 Desember 2015. Beberapa situs e-commerce pun terpaksa melakukan maintenance pada beberapa waktu dikarenakan penuhnya akses menuju e-commerce yang bersangkutan.


Pertanyaannya adalah: seberapa besar kebutuhan masyarakat Indonesia pada barang-barang yang ditawarkan oleh situs-situs e-commerce?


Kalau dilihat lagi, sebetulnya barang-barang tersebut tak dibutuhkan oleh masyarakat. Perasaan menang lah yang mendorong masyarakat untuk berbelanja saat ada diskon besar-besaran. Seperti yang dikatakan oleh Jean Baudrillard, sosiolog asal Prancis tentang pertukaran barang. Menurut Baudrilland, dalam Societe de La Consommation, kehidupan masyarakat pada saat ini tidak lagi didasarkan pada pertukaran barang materi yang berdaya guna, tetapi pada komoditas sebagai tanda dan simbol yang penandanya sewenang-wenang, serta tergantung kesepakatan dalam apa yang biasa disebut kode.


Masyarakat membeli barang bukan sekadar karena kegunaaannya berarti bagi mereka. Masyarakat membeli barang karena ada kesenangan saat membeli barang tersebut. Entah karena barang tersebut dianggap lucu dan terkenal, atau karena masyarakat merasa bisa mendapatkan untung dari membeli barang tersebut. Dalam konteks potongan harga, masyarakat merasa bisa mengalahkan produsen karena membeli barang dengan harga yang sangat murah. Pembeli merasa produsen rugi dan mereka yang diuntungkan. Padahal kenyataannya, produsen tetap mendapatkan untung dari mereka.



Penjual biasanya menetapkan margin tinggi pada harga standar. Dan pada saat mereka membuat diskon besar-besaran, mereka menurunkan margin tersebut. Tetapi, tetap saja mereka tidak rugi. Dan pembeli pun terkecoh akan hal ini. Pun bila banyak orang yang telah mengetahui trik ini, tetap saja diskon menjadi sebuah idola yang akan selalu didambakan oleh hampir semua lapisan masyarakat. Betapa bahagianya menjadi pembeli yang menang!

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe