Kemenangan, Pengakuan, dan Miss Universe 5 Menit

20.25



We love drama. Termasuk juga drama Miss Universe yang terjadi beberapa waktu lalu, ketika pembawa acara kontes kecantikan tersebut salah membacakan nama pemenang. Mahkota dan selempang yang sebelumnya telah dikenakan oleh Ariadna Gutierrez, Miss Colombia, terpaksa harus dilepas dan diberikan kepada pemenang sebenarnya, Pia Alonzo, Miss Filipina.

Ariadna pun tak bisa menyembunyikan tangisnya. Tapi mengapa dia harus menangis? Apakah hadiah dan fasilitas saat menjadi Miss Universe begi tu besar sehingga semua orang begitu menginginkannya?

Tidak, sebetulnya. Toh titel Miss Universe hanya dapat dipegang selama setahun saja. Lalu apa yang membuat semua kontenstan begitu inginnya menjadi Miss Universe? Termasuk Ariadna, hingga kabarnya ia berlibur ke Miami untuk menghilangksn rasa depresinya.

Jawabannya hanya satu: kapital simbolik.

Dalam situs ini, sudah banyak dibahas mengenai pemikiran Pierre Bourdieu, seorang sosiolog dan filsuf sosial asal Prancis yang terkenal dengan pemikirannya tentang Modal, Kapital, dan Habitus. Mendengar kapital, pikiran kita pasti akan tertuju pada uang. Padahal, menurut Bourdieu, kapital dibagi menjadi beberapa jenis, yakni kapital ekonomi, kapital budaya, kapital sosial, dan kapital simbolik. Untuk kasus Miss Universe ini, Ariadna dan mungkin kontestan lain, membutuhkan kapital simbolik: kapital ini mencakup pengakuan dari banyak orang.

Pengakuan bahwa mereka adalah wanita tercantik sejagad, tak lupa dilengkapi dengan otak dan perilaku. Beauty brain behavior. Menjadi wanita berkualitas. Paling cantik dan diinginkan.

Lantas apakah Ariadna lantas kalah cantik dengan Pia, saat mahkota itu pindah kepala? Tidak juga sebetulnya. Cantik itu relatif. Tapi pengakuan bahwa ia "tercantik sejagad" tidak akan tercatat kalau dia tidak menjadi Miss Universe. Ya tercatat di mana saja. Termasuk di Wikipedia. Aneh? Manusia memang butuh pengakuan. Terlebih di usia emas 20-30 tahun.

Ya memang, usai insiden ini, hampir semua orang dan media akan sangat mengenal Ariadna. Dia tidak perlu jadi Miss Universe untuk dikenal lalu mendapatkan lebih banyak proyek di dunia entertainment. Hanya saja, dia tidak akan dapat pengakuan sebagai yang tercantik sejagad. Itu saja. Dan mahkota itu, memang sih harganya selangit. Tapi berhubung tidak bisa jadi hak milik, dan tidak bisa diuangkan, maka, ya sebetulnya tidak berarti. Sekali lagi: hidup pengakuan!

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe