Apa Saja Penyebab Gangguan Jiwa?

19:15



Orang dengan gangguan jiwa identik dengan orang yang harus dijauhi, dan berbahaya bagi sesama. Padahal, gangguan jiwa sebetulnya merupakan penyakit yang bisa diobati, dan terjadi karena ada pemicu tertentu. Namun, kita sudah terlanjur terdoktrin dengan stereotip bahwa penyakit jiwa adalah penyakit aneh yang tak ada obatnya, dan terjadi begitu saja, seperti kutukan.

Sebetulnya, ada beberapa hal yang memicu terjadinya gangguan jiwa. Dan hal ini, tentunya bisa terjadi pada siapa saja. Karena, semua orang sebetulnya memiliki bakat untuk mengidap gangguan jiwa.

1. Tekanan hidup
Manusia adalah makhluk yang suka membuat rencana. Tetapi, tak semua hal dapat terjadi sesuai dengan keinginan kita. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, kita bahkan dipaksa untuk melakukan.hal-hal yang tidak kita inginkan, dan menghadapi masalah yang sulit.

Hal ini, bagi beberapa orang, dapat memicu gangguan jiwa, yang diawali dengan perasaan tertekan yang berlebihan. Terlebih dengan kurangnya pendampingan dari orang terdekat

2. Trauma masa kecil.
Trauma tidak mudah dilupakan begitu saja. Bahkan, semakin direpresi, trauma tersebut akan semakin mempengaruhi kehidupan orang yang bersangkutan, dan menyebabkan gangguan jiwa.

3. Obat-obatan
Ada beberapa obat-obatan yang membuat kita menjadi depresi, dan bila diminum dalam jangka panjang, dapat menyebabkan gangguan jiwa. Untuk itu, jangan sembarangan menelan obat saat sakit. Konsultasikan pada ahlinya.

4. Kesendirian
Manusia memang cenderung egois, terlebih pada era modern ini. Namun, teori yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial, jelas masih berlaku hingga saat ini.

Untuk itu, tak heran bila banyak orang kesepian yang kemudian mengalami depresi berat, bahkan mencoba bunuh diri

5. Faktor ekonomi
Tidak dapat dipungkiri bahwa uang memegang peranan penting bagi kehidupan. Banyak pula masalah yang ditimbulkan karena uang. Termasuk gangguan jiwa.

Banyak orang yang kemudian tertekan karena kekurangan uang, atau malah didera kecemasan berlebih karena takut kehilangan uangnya.


Dan masih terkait gangguan jiwa, sebetulnya Anda dapat mengecek perihal kesehatan jiwa Anda lewat Aplikasi Sehat Jiwa yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu. Meski begitu, untuk memeriksa secara detil kejiwaan Anda, sebaiknya Anda berkunjung ke psikiater. Tetapi satu-satunya orang yang dapat mengontrol kesehatan jiwa Anda, ya tentunya Anda sendiri.

Sumber foto: themetapicture.com

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe