Bekerja Tanpa Kehilangan Passion

00:21


Sewaktu kecil dulu, mudah bagi kita untuk merangkai cita-cita setinggi langit, sesuai apa yang kita inginkan. Namun seiring dengan bertambahnya usia, kita pun mulai menyadari bahwa tidak semua yang kita inginkan dapat terwujud. Termasuk profesi yang kita idamkan sejak dulu.

Meskipun banyak orang yang menyarankan untuk bekerja sesuai dengan passion kita, agar kita tidak perlu merasa "betul-betul bekerja", tetapi kondisi yang kita temui tidak semudah itu. Terlebih dalam keadaan di mana pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar rupiah sedang tidak stabil. Mau tidak mau, kita tak bisa memilih pekerjaan apa yang dapat kita kerjakan. Terlebih bila kita sedang kesulitan secara finansial.

Namun bukankah meninggalkan passion kita, artinya membohongi diri sendiri? Pertanyaan tersebut pastilah sering menggantung di benak Anda, saat melakukan profesi yang sebetulnya tak Anda inginkan. Tetapi bila kita jeli, sebetulnya ada kok, beberapa cara agar kita tetap produktif, tanpa perlu meninggalkan passion kita, meskipun kita tak bekerja di bidang yang sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, bagaimana caranya?

1. Luangkan waktu.
Ada pepatah yang bilang, bahwa sebetulnya tak ada orang yang tak memiliki waktu -mereka hanya tak betul-betul berniat melakukan hal-hal tertentu-. Nah, apabila Anda masih ingin mengejar apa yang Anda inginkan, luangkanlah waktu di sela-sela pekerjaan kalian.

Misalnya, Anda suka menulis. Namun Anda terjebak pada pekerjaan yang sama sekali tak berhubungan dengan kesukaan Anda tersebut. Nah, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan dan membangun hal-hal yang Anda sukai. Misalnya sepulang kantor, saat istirahat, atau di akhir minggu

2. Bergabung dengan komunitas
Mungkin Anda belum menemukan jalan menuju pekerjaan yang sesuai passion anda. Namun Anda dapat bergabung dengan komunitas yang mendukung hobi Anda. Biasanya, mereka melakukan kegiatan seminggu atau sebulan sekali, dan persyaratan untuk menjadi anggota tidaklah berat.

Dengan bergabungnya Anda dalam komunitas, Anda pun akan lebih semangat dalam mengerjakan apa ysng Anda inginkan, dan siapa yang tahu kalau Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian?

3. Manfaatkan fasilitas yang ada
Termasuk bila itu ada di kantor Anda. Misalnya, kantor memiliki akses internet yang tak terbatas, atau aplikasi desain yang mumpuni, dan sebagainya. Namun ingat, jangan sampai hal tersebut mengganggu kinerja Anda dan terlalu kentara di mata atasan anda. Nantinya, Anda dapat dicap buruk, atau malah diberi surat peringatan.

Well, mengejar passion memang baik. Namun ada saat di mana Anda harus realistis. Tapi bila Anda memang mencintai passion Anda, pastilah Anda akan menemukan waktu dan cara untuk membuatnya dapat berjalan beriringan dengan pekerjaan Anda.

Sumber Foto: Pixabay

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe