Marketing Ala Apple

14.45

Kita tahu bahwa Apple sangat menarik dan menggugah selera, bak apel merah ranum yang segar. Tapi kalau ditanya mengapa, mungkin kita tidak bisa menjawab. Well, that is when marketing works. Membuat orang mendambakan produk, meski mereka tak paham alasannya.

Getting bigger, be different
Belum lama ini, Apple kembali menjadi trending topic dengan tiga produk terbarunya: Ipad Pro, iPhone 6s, dan Apple TV. Mendengar produk Ipad Pro, Anda pasti bertanya-tanya, keunggulan apa sih yang ditawarkan oleh produk ini, dibandingkan dengan iPad generasi sebelumnya?
Ia bisa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan smartphone karena tak harus muat di kantong. Ia juga bisa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan laptop karena Anda akan membawanya sepanjang hari,” ujar Phil Schiller, Senior Vice Presiden Worldwide Apple, saat ditanya perihal ukuran layar jumbo 12.9 inch milik iPad Pro. Tak hanya itu, jumlah pixel di layarnya pun mencapai 5,6 juta pixel dengan chip processor yang dua kali lipat lebih kencang dari pendahulunya.
Hanya saja, kami bingung, mau menggantikan apa ya, iPad Pro ini? Untuk menggantikan komputer, sepertinya tak bisa, apalagi bila profesi Anda adalah programmer atau desainer grafis, dan untuk ponsel, bukankah terlalu besar?
Tapi itulah yang patut diacungi jempol dari marketing Apple. Ia membuat sesuatu yang seolah-olah adalah penengah ponsel dan juga PC/ dengan sedikit taburan fitur tambahan. 

3D!
Anda belum puas dengan iPhone 6 dan iPhone 6 plus? Sama seperti sebelum-sebelumnya, akan hadir iPhone seri S dengan angka yang sama. Tambahan fiturnya memang cuma sedikit. Tapi percayalah, sedikit fitur yang ditambahkan pastilah futuristik. Seperti misalnya fitur 3D touch pada iPhone 6s, yang membuat layar dan shortcut aplikasi dapat menampilkan menu layaknya fitur "klik kanan" pada komputer.
Tapi mendengar kata 3D, sebelumnya kami mengira bahwa ada teknologi yang membuat gambar jadi timbul seperti nyata. Well, if you are looking for "klik kanan", why don't you buy a PC?
Smart TV, Like Jarvis
Bulan Oktober nanti, Apple akam merilis Apple TV. Ya, TV layar lebar dengan resolusi yang apik dan benderang. Tapi kalau sekadar resolusi, Anda bisa menemukannya do Electronic City. Lalu apa ya, yang membuat Apple TV ini beda?
Kalau menurut marketing Apple sih, adanya mikrofon untuk memberiv perintah via suara, dan toko aplikasi yang tersedia di televisi membuat televisi ini berbeda. Selain itu, televisi ini sangat cocok digunakan untuk bermain game. As long as you are very rich, it is worth to buy. Tapi jelas, bukan merupakan hal yang Anda butuhkan sekali.
Jadi, apa yang membuat produk Apple laris dan menjadi produk yang seolah pantas dimiliki? Momen dan packaging. Apple tahu betul cara menyisipkan sedikit demi sedikit fitur pada perangkatnya agar terlihat sebagai sebuah pembaharuan, dan penampilan futuristik Apple serta harga yang mahal membuat pengguna Apple punya kelas tersendiri.

Sumber: Apple

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe