Madonna-Whore Complex

10.47


Ini bukan tentang Madonna sang bintang besar itu. Bukan pula untuk menjustifikasi bahwa Madonna adalah seorang, sorry to say, whore. Madonna-whore complex adalah kelainan psikis, di mana penderita mengelompokkan lawan jenis berdasarkan dua golongan: madonna, atau pelacur. Pengidap kelainan ini hanya memiliki dorongan seksual pada kelompok yang dia anggap "pelacur". Sedangkan pada kelompok yang ia anggap "Madonna", ia hanya memiliki rasa cinta yang bersahabat, serta rasa hormat.
Terdengar mudah diabaikan? Jelas tidak. Pasalnya, pengidap Madonna Whore Complex akan sulit menikahi seseorang berdasarkan dorongan seksual. Dia akan menikah karena rasa hormat dan cinta yang bersahabat tadi. Sementara itu, dorongan seksual yang terpisah itu akan dia lampiaskan pada orang lain yang dia anggap pelacur. Dia menganggap seks sebagai sesuatu yang rendah dan sulit dia lakukan kepada "Madonna",karena tidak ingin mengotorinya. Dalam hal ini, ada keterpisahan antara afeksi dan nafsu
"Where such men love they have no desire and where they desire they cannot love."
Kalimat ini diucapkan oleh Sigmun Freud saat mendeskripsikan Madonna-Whore Complex. Memang, kelainan ini kebanyakan diderita oleh pria. Tetapi tak berarti semua penderitanya adalah pria. Beberapa wanita pun juga mengidap kelainan ini. Meskipun memang tak sebanyak pria.
Kelainan Madonna-Whore Complex diadaptasi dalam beberapa karya. Salah satunya adalah film Prancis Belle de Jour. Bercerita tentang  wanita cantik bernama Séverine Serizy yang tak mendapatkan kepuasan saat bercinta dengan suaminya, yang berprofesi sebagai dokter, dengan wajah tampan dan tubuh atletis. Ia justru merasa bergairah saat melacurkan diri di sebuah tempat prostitusi dengan nama samaran Belle de Jour (kecantikan tengah hari). Padahal, pelanggan-pelanggannya pun tak lebih tampan daripada suaminya. Banyak di antara mereka yang justru buruk rupa. Namun Severine menikmati hal tersebut, bahkan menikmati variasi seks yang aneh seperti disakiti, dilempari, dan sebagainya. Ia menganggap sang suami begitu agung, begitu bersih, dan tak bisa dikotori dengan hal seperti seks.
Penyembuhan Madonna-Whore Complex
Sebetulnya, ada beberapa hal yang menyebabkan Madonna Whore Complex. Seperti trauma masa lalu berupa pelecehan seksual dari lawan jenis, atau sosok ibu/ayah yang begitu dicintai, dihormati, atau malah terlalu jauh dan dingin. Ketika penderita bertemu dengan lawan jenis yang respectable, dia akan cenderung menganggapnya sebagai replika sosok Ibu/Ayah.
Setiap trauma memang membutuhkan penyembuhan lama. Tapi apa yang terjadi dengan psikis kita, mau tidak mau hanya kita yang bisa mengontrolnya. Terapi hanya berguna untuk menunjang. Begitupun dukungan dari orang terdekat.
It is not easy, dealing with M/W Complex. But this is life. Belajarlah untuk hidup berdampingan dengan hal-hal tersebut.

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe