[Khusus Perempuan]: Apakah Anda Seorang Feminis?

20.38



Banyak orang yang mengidentikkan feminisme dengan pemberontakan wanita. Bahkan banyak wanita yang menganggap kalau ingin jadi feminis, ya harus melawan lelaki.

Padahal, makna feminisme tidak sesempit itu.  Kalau dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, feminisme adalah paham yang menuntut kesetaraan hak antara pria dan wanita. Jadi, bukan berarti lebih unggul daripada lelaki.

Tapi, banyak perempuan yang salah kaprah mengenai hal ini, dan menganggap diri mereka feminis, meskipun kenyataannya jauh dari itu. Atau malah sebaliknya. Untuk itu, sebelum melabeli diri sebagai feminis atau bukan, yuk, kita cek terlebih dahulu, kita termasuk dalam golongan feminis, atau bukan sih?

1. Anda sedang naik commuter line yang penuh, sehingga Anda terpaksa berdiri. Sementara itu, banyak lelaki muda yang mendapatkan tempat duduk. Apa yang Anda lakukan
A. Berdiri, tetapi mengamati apabila ada orang yang akan memberikan tempat duduk bagi Anda
B. Melakukan hal-hal semacam duduk di lantai kereta, atau berpura-pura kelelahan, agar para lelaki tergugah untuk memberikan tempat duduk kepada Anda.
C. Picik sekali kalau lelaki harus mengalah pada perempuan

2. Setujukah Anda dengan pendapat Simone de Beauvoir, seorang feminis eksistensialis, bahwa usai lahir dari rahim Ibu, perempuan kembali masuk ke rahim masyarakat?
A. Bukankah peran dan tingkah laku laki-laki juga dibentuk oleh masyarakat? Bahkan bekerja pun juga peran laki-laki yang dibentuk oleh masyarakat, bukan?
B. Who the hell cares?
C. Ya. Banyak peran dan tingkah laku perempuan yang dibentuk oleh masyarakat, sehingga perempuan tidak bisa memilih peran sesuai yang ia inginkan

3. Seorang perempuan dengan baju seksi dilecehkan oleh lelaki di ruang publik. Pendapat Anda?
A. Lelaki itu jelas tak memiliki moral. Tetapi perempuan haruslah dapat memilah baju yang akan dikenakan, sesuai dengan momen dan tempat di mana ia berada
B. Pakai baju terbuka sih! Ya tentu saja, mana ada kucing yang menolak ikan asin
C. Perempuan punya hak untuk berpakaian sesuai dengan yang dia inginkan, dan laki-laki yang melecehkannya jelas bejat!

4. Bagaimana menurut Anda mengenai peran lelaki sebagai pencari nafkah dan perempuan sebagai pengurus rumah tangga?
A. Sah-sah saja, selama sang istri merasa nyaman mengurus rumah tangga, dan sang suami juga nyaman menjadi pencari nafkah tunggal
B. Itu hal yang ideal, karena perempuan seharusnya memang berada di rumah. Siapa lagi yang mengurus anak?
C. Sebuah bentuk rumah tangga yang primordial.

5. Apakah ideal bagi perempuan untuk mengejar karir setinggi-tingginya?
A. Selama tidak menyusahkan orang lain, dan mendapat persetujuan pasangan serta keluarga, ya tidak masalah. Perempuan juga punya mimpi, kan?
B. Tentu tidak. Bagaimana nasib anak-anaknya?
C. Seharusnya begitu. Perempuan tidak boleh sekadar terkungkung di dapur

6. Kriteria pasangan Anda?
A. Yang dapat berlari bersama Anda untuk mengejar mimpi, tetapi juga masih dapat menuntun bila Anda salah jalan. Pemimpin sekaligus partner.
B. Yang dapat mengatur Anda dan mengayomi seutuhnya. Seorang pemimpin utuh.
C. Yang tidak pernah berjalan mendahului Anda dan berlagak seperti seorang pemimpin. Lagipula, bukankah perempuan sebetulnya lebih cocok untuk jadi pemimpin, mengingat otak perempuan lebih terstruktur ketimbang lelaki?

7. Seorang lelaki melontarkan gurauan yang berhubungan dengan fisik perempuan. Reaksi Anda?
A. Mengatakan kepadanya untuk tidak menjadi seorang sexist. Tubuh perempuan juga harus dihormati.
B. Selama tidak kebablasan, dan hanya sebatas gurauan, ya tidak masalah. Lelaki memang makhluk yang cenderung menilai dari fisik, bukan?
C. Menghardiknya dan mengatakan kepadanya bahwa itu adalah bentuk pelecehan seksual

8. Pilih tokoh fiksi yang paling Anda sukai:
A. Ellie Fredicksen (Up!)
B. Aurora (Sleeping Beauty)
C. Eowyn (The Lord Of The Ring)

Nah, penasaran dengan jawabannya?

Kebanyakan A: Feminis bijak
Anda paham, kalau integritas dan hak-hak perempuan selayaknya dihormati. Tetapi Anda tahu, bahwa perempuan dan lelaki memiliki kriteria fisik dan psikis yang berbeda, sehingga perlakuan berbeda pun tentunya dibutuhkan. Hanya saja, perbedaan ini bukan untuk menunjukkan siapa yang lebih unggul.

Selain itu, Anda juga tahu kalau seorang lelaki bukanlah lawan, tetapi rekan. Untuk itu, dalam pernikahan, Anda tidak ingin mencoba untuk menjadi dominan. Well, that's very good of you!

Kebanyakan B: Pasrah
Bagi Anda, tugas lelaki adalah pemimpin, dan perempuan adalah pengikut. Mengapa begitu? Karena memang fisik perempuan lebih lemah, dan seharusnya dilindungi. Dan Anda meras
Dan Anda merasa bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang mendiskreditkan perempuan, tetapi justru menguntungkan.

Tapi, dalam beberapa hal, Anda harus menyadari loh bahwa perempuan adalah individu yang juga punya suara, dan tidak selamanya berada pada posisi minor.

C. Feminis ekstrim.
Anda sangat gerah dengan diskriminasi gender, yang cenderung menempatkan perempuan pada posisi nomor dua. Anda ingin perempuan setara dengan lelaki. Dan Anda kesal dengan opini bahwa lelaki adalah pemimpin.

Well, itu baik. Perempuan juga harus punya harga diri. Tetapi terkadang Anda terlalu ekstrim hingga terlihat ingin menang sendiri. Bahkan ada kecenderungan untuk menguasai lelaki. Kadar tersebut sebaiknya Anda turunkan, karena lelaki adalah rekan dan bukannya lawan Anda.

Sumber foto: Pinterest

You Might Also Like

2 komentar

  1. Misoprostol dengan brandname CYCOTEC dikembangkan pada tahun 1973, obat penggugur kandungan paling ampuh dan aman yang banyak dijual dipasaran ini terkenal dengan nama Cytotec, adalah obat yang sering sekali digunakan untuk aborsi / penggugur kandungan. Karena obat penggugur kandungan cytotec ini mempunyai hasil yang baik jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil obat ini sering digunakan para dokter bedah sebagai alternatif penggugur kandungan yang sangat efektif disamping cara menggugurkan kandungan 1 bulan dan juga mudah untuk didapatkan di apotik

    BalasHapus

Our Shop

Subscribe