Aman Bertransportasi Umun

22.29

Anda hidup di kota besar, dan tidak punya kendaraan pribadi? Tentunya Anda akan sangat bergantung pada transportasi umum. Masalahnya adalah, transportasi umum di kota besar seperti Jakarta, sulit dipahami, baik dari segi rute, maupun ketepatan waktu. Bahkan, tak jarang terjadi hal-hal di luar kendali seperti kecelakaan yang terjadi di Stasiun Juanda beberapa waktu lalu, atau banjir misalnya. Nah, apa saja yang harus Anda perhatikan, agar tetap aman dan nyaman dalam menggunakan transportasi umum

1. Perhatikan rute
Beruntunglah apabila tempat tujuan kita mudah untuk dijangkau dengan satu transportasi umum saja. Namun di Jakarta beberapa tempat yang mengharuskan kita untuk berganti transportasi. Seperti misalnya, naik KRL terlebih dahulu  kemudian naik bis. Atau berganti jalur KRL.

Nah, sebelum Anda ingin pergi ke suatu tempat, carilah di internet terlebih dahulu, transportasi apa yang bisa membawa kita ke sana. Jangan sampai Anda salah naik KRL atau salah koridor di TransJakarta. Sejauh ini, forum seperti Kaskus pun juga banyak membahas transportasi apa saja yang bisa membawa Anda ke tempat-tempat  tertentu di Jakarta. Intinya, jangan hanya menghafalkan stasiun atau halte terdekat, tapi pahamilah transportasi yang lewat dan koridor-koridor yang ada

2. Bertanya.
Banyak angkutan dengan nomor yang sama, tetapi punya rute yang berbeda. Jangan sampai Anda salah rute. Bertanyalah kepada pengemudi, sejelas-jelasnya. Apabila pengemudi kurang kooperatif, Anda mungkin bisa menunggu angkutan lain.


Hal inipun berlaku ketika Anda tengah naik TransJakarta. Di halte yang sama, banyak TransJakarta yang memiliki rute berbeda, tergantung dari warna dan papan tujuan. Bila Anda kurang yakin, bertanyalah kepada orang di dekat Anda. Jangan sampai Anda tiba di tempat antah-berantah yang asing untuk Anda.

3. Terlalu malam
Naik KRL atau TransJakarta terlalu malam, mungkin masih aman. Tetapi hal tersebut tidak berlaku di angkutan umum seperti Metromini, Angkot, Mikrolet, atau Kopaja. Terlebih apabila Anda perempuan.

Usahakan untuk tidak pulang terlalu malam, apabila Anda harus naik angkutan umum seperti itu. Masalahnya, banyak orang jahat yang berkeliaran.

4. Barang-barang berharga.
Anjuran ini memang sudah terlalu banal. Tapi percayalah, pada jam-jam sibuk, masih banyak orang yang kehilangan barang berharga di angkutan umum. Pencopet memanfaatkan keramaian untuk mengambil barang-barang di saku atau tas Anda.

Untuk itu, letakkan tas Anda di depan. Atau bila Anda merasa belum aman, pegang erat barang berharga seperti dompet dan ponsel dengan tangan Anda. Meskipun Anda lelah, jangan sampai lengah

5. Pengumuman
Beruntunglah kita hidup di era teknologi, sehingga hal-hal yang terjadi dapat dengan mudah kita ketahui. Termasuk permasalahan transportasi.

Bila akan menaiki angkutan, cari tahu terlebih dahulu hal yang terjadi. Misalnya, kemungkinan adanya demonstrasi, kecelakaan, pengalihan jalur, atau insiden lainnya. Seperti kecelakaan KRL yang terjadi di Juanda beberapa waktu lalu, atau kebakaran rumah warga di dekat Stasiun Duri-Angke. Dan Anda dapat mencari tahu hal seperti ini di akun-akun resmi transportasi umum seperti @commuterline atau @PT_TransJakarta


Sumber foto: Buzzfeed

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe