Superhero Tanpa Kostum

09:33



Anda mau jadi superhero? Tidak perlu tameng seperti Captain America. Atau mobil pendukung seperti Batman. Atau teknologi hebat seperti Iron Man. Anda hanya perlu punya akun Twitter dan membela rakyat kecil. Iya.

Tentunya Anda tahu kalau belum lama ini pemerintah Jakarta memutuskan untuk merelokasi warga Kampung Pulo ke rusunawa. Sebetulnya kalau dinalar, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari hal itu. Mana ada orang waras yang tidak mau diberi tempat tinggal yang lebih nyaman? Lain halnya kalau orang waras itu sudah dikompori. Entah oleh siapa. Superhero? Tidak, sepertinya. Superhero baru datang di saat keadaan sudah genting. Sama seperti superhero yang biasa berkicau di Twitter dan media lain yang viral.

Kita semua tentunya sudah tahu konsep cerita superhero, apalagi ala Marvel. Melindungi yang lemah dari oknum yang kuat, baik dari segi fisik maupun finansial. Karena mereka yang memiliki kekuatan fisik dan finansial, biasanya adalah penindas. Maka dari itu, kita gemar sekali membela orang kecil. Padahal tidak selamanya orang kecil itu benar dan orang besar salah. Memang orang kecil tidak punya banyak pilihan. Tapi hal itu tidak membuat mereka jadi tidak punya banyak kesalahan.

Dan superhero di Twitter, atau di media sosial lain, yang gemar berkoar dengan selalu membawa-bawa hak asasi manusia, sebetulnya tahu kalau orang kecil tidak selamanya benar. Tetapi mereka tahu kalau orang kecil bisa dijadikan alat untuk menjadi superhero. Melindungi yang lemah dari yang kuat, lalu dikenal dan dianggap pembela kebenaran. Mereka tahu betul kalau kita tidak terbiasa dengan konsep "orang kecil banyak yang berpikir pendek dan mudah dikompori". Hebat sekali ya.

Dan lebih hebat lagi ketika kita menganggap, kalau mereka betul-betul superhero tanpa kostum. Padahal senjata mereka cuma satu: congor doang, alias kebanyakan bicara. Sayangnya mereka tahu betul celah-celah untuk mencitrakan diri sebagai superhero ala Marvel.

Sumber Foto: introspect37.tumblr.com

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe