"Mbak, Pakai Helm Ya, Soalnya Ada Polisi"

15.02



Kalau kalian sering naik ojek (ojek biasa sih bukan Gojek atau Grab Bike) pasti kalian sudah nggak asing dengan kalimat tersebut. Dan tentunya kalian sudah tahu apa kegunaan helm. Bukan untuk menghindari polisi, yang jelas.

Sebetulnya sih, saya tidak bisa menyalahkan hal tersebut. Masalahnya, kalau kita ditilang polisi karena tidak menggunakan helm, uang tilangnya tidak digunakan untuk membelikan helm bagi pengemudi yang melanggar. Tapi entah kenapa, kalimat tersebut membuat saya sadar bahwa kita, Orang Indonesia, cenderung kurang sayang dengan nyawa kita sendiri.

Saya tidak tahu apa alasan mengapa kami kurang sayang dengan nyawa. Yang pertama mungkin karena kita cenderung menganggap segala hal yang terjadi sebagai sebuah takdir. Termasuk kecelakaan. Padahal sebetulnya, di agama manapun, kita diwajibkan untuk menghargai hidup.

Yang kedua, meremehkan. Banyak di antara kita yang menganggap kalaupun pakai helm, kecelakaan ya kecelakaan saja. Tidak jauh beda parahnya. Padahal sebetulnya, ada perbedaan jauh antara menggunakan helm dan tidak menggunakan helm. Kepala merupakan titik rawan, bahkan tidak jarang ada kasus di mana kepala yang terbentur menyebabkan hilang kesadaran/ingatan dalam waktu lama.

Yang ketiga, penampilan. Kalau ini, mungkin lebih berfokus kepada penumpang wanita. Helm terkadang memberikan aroma apak di kepala. Itulah sebabnya banyak yang memutuskan tidak menggunakan helm. Pasalnya, jarang orang yang membawa parfum rambut, bukan?

Dan yang keempat, dari pihak tukang ojek itu sendiri. Tukang ojek seringkali malas membawa dua helm. Mungkin alasannya tidak mau ribet. Dan pelanggan ojek di Indonesia pun kebanyakan tidak mempermasalahkan hal itu.

Menurut saya sih, memakai atau tidak memakai helm adalah pilihan. Toh keselamatan kita menjadi tanggung jawab kita sendiri. Hanya saja, entah kenapa saya masih merasa geli mengingat kita lebih takut pada aparat penegak hukum, ketimbang resiko kecelakaan/kematian.

Foto: www.motorcyclemaintenancetips.com

You Might Also Like

2 komentar

  1. hahaha, kalau pake helpm kan gak keliatan kece (kebanyakan orang berfikir begitu) padalah dibalik itu resikonya tinggi bgt. Thx untuk share info seputar helm, semoga bermanfaat untuk yang membaca :D

    BalasHapus
  2. Nah itu juga salah satu alesan banyak orang..bggak bisa tebar pesona di jalan kali yak maksudnya.. hahaha... Betul, apalagi kalau di jalanan Jakarta yang cukup bahaya ini.. Anyway, sama2 ya, terima kasih sudah baca :D

    BalasHapus

Our Shop

Subscribe