Berpotensi Ambangkah Anda?

21:39



Tidak selamanya manusia memiliki suasana hati yang baik. Terkadang ada hal-hal kecil yang dapat membuat kita tiba-tiba menjadi kesal, dan seketika mengubah persepsi kita terhadap dunia. Moody itu wajar. Apalagi untuk perempuan. Tapi ada beberapa orang yang suasana hatinya seperti roller-coaster, yakni mereka yang diduga mengidap Borderline Personality Disorder, atau Gangguan Kepribadian Ambang. Dan lebih ekstrem ketimbang Bipolar Disorde, suasana hati pengidap BPD ini dapat naik dan turun secara drastis dalam hitungan jam.

Hal ini tentunya tak hanya mengganggu orang di sekitar mereka. Tetapi juga pengidap itu sendiri. Mereka dibuat bingung dengan perasaan naik turun dalam hati mereka. Bahkan, dalam kondisi parah, sulit bagi mereka untuk mengukur benar-salah. Selain itu, ada perilaku-perilaku berbahaya yang dapat mereka lakukan, baik ketika sedang sangat bahagia, ataupun sangat marah. Ketika sangat bahagia, penderita BPD dapat melakukan tindakan kompulsif seperti belanja dan melakukan aktivitas seksual secara berlebihan. Dan ketika sangat marah dan kecewa, tindakan mengerikan seperti bunuh diri pun bisa saja mereka lakukan. Maka tak mengherankan bahwa banyak penderita BPD yang memiliki hubungan tak stabil dengan orang-orang di sekiyar mereka.


Hanya saja, tak banyak orang yang memahami kalau orang di sekitar mereka, bahkan diri mereka sendiri, merupakan penderita BPD. Pasalnya, banyak yang menyalahartikan BPD dengan Bipolar Disorder yang lebih dikenal, atau malah menganggap perubahan mood ekstrem sebagai sesuatu yang wajar. Untuk itu, melalui pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, coba kenali, apakah ada gejala BPD dalam diri Anda?

1. Anda sedang sendirian di rumah dan merasa bosan. Andapun kemudian menghubungi teman-teman Anda untuk hangout. Sayangnya, mereka semua sedang sibuk. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang tidak menanggapi ajakan Anda. Bagaimanakah perasaan Anda?

A. Anda merasa terpinggirkan, tidak dipedulikan lagi. Rasanya Anda tidak punya nilai di mata orang-orang.
B. Kesal sih. It seems that you always there when they need you, but they don't.
C. Agak kecewa. Tetapi Anda sadar, bahwa Anda dan teman-teman memiliki kesibukan masing-masing

2. Bagaimanakah pola hubungan Anda dengan lawan jenis?
A. Anda tidak pernah tidak punya kekasih. Pasalnya, keadaan lajang membuat Anda merasa kosong. Jadi, tiap kali Anda merasakan tanda-tanda bahwa kekasih ingin putus, Anda akan langsung bergerilya mencari kekasih lain.
B. Anda sering dicap playgirl/playboy. Tapi keadaan lajang pun bagi Anda tifak terlalu masalah.
C. Seperti normalnya manusia. Pernah punya pacar, juga pernah putus. Tetapi hampir tidak pernah drama.

3. Seorang kawan membuat sebuah kesalahan yang menurut Anda sangat buruk. Pendapat Anda?
A. Anda langsung memasukkan dia ke daftar hitam. Tak peduli kebaikan apapun yang pernah dia lakukan. Bagi Anda, hanya ada dua jenis orang: si baik dan si jahat
B. Anda sangat kesal kepadanya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa persepsi Anda tentang dia akan berubah ketika dia telah memperbaiki kesalahan
C. Anda cukup kesal kepadanya, tapi dengan mudah melupakan kesalahan itu, terlebih kalau tidak membawa dampak buruk kepada Anda langsung.

4. Bagaimana riwayat pekerjaan Anda?
A. Anda tidak bisa bertahan dalam suatu lingkungan kerja lebih dari setahun. Terlebih bila ada sedikit hal yang membuat Anda tidak nyaman. Lagipula, untuk apa setia pada pekerjaan, toh kantor hanya ladang mencari keuntungan.
B. Anda bisa setia pada suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut sesuai visi dan misinya dengan Anda
C. Anda adalah orang yang cukup setia pada perusahaan. Menurut Anda, kekurangan-kekurangan dan masalah dalam perusahaan adalah satu dari sekian dinamika hidup saja.

5. Bagaimana persepsi Anda terhadap diri Anda?
A. Ketika , tingkat kepercayaan diri Anda naik begitu pesat hingga Anda menganggap diri Anda sangat hebat. Namun ketika Anda gagal, Anda menganggap diri Anda begitu hina
B. Baik ataupun buruk, Anda tahu siapa dan bagaimana diri Anda. Anda pun jarang merasa rendah diri
C. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai diri kita?

6. Seringkah Anda merasa kosong?
A. Sering. Bahkan hanya melihat langit senja pun dapat membawa perasaan kosong terhadap diri Anda
B. Hanya ketika sedang sangat bosan atau saat ditinggalkan seseorang
C. Jarang. Bukankah banyak kegiatan yang bisa dilakukan?

7. Kekasih Anda terlihat sibuk hingga mengabaikan Anda. Bagaimanakah reaksi Anda?
A. Drama. Anda akan mendramatisir penderitaan Anda, atau berpura-pura sakit parah dan memiliki banyak masalah untuk menarik rasa simpatinya.
B. Menanyakan kepadanya mengapa ia mengabaikan Anda, dengan nada agak tinggi.
C. Meminta penjelasan dengan halus. Tapi Anda maklum, pekerjaan dia, kan banyak.

8. Pendapat Anda mengenai kejadian buruk di masa lalu?
A. Masih terbayang di benak Anda. Biarpun sudah berlalu, tetap saja masa itu pernah ada, bukan?
B. Tidak ingin mengingatnya. Lebih baik nikmati saja masa kini ketimbang sedih mengingat masa lalu yang buruk
C. Pengalaman buruk dapat dijadikan pelajaran, kok.

Sudah selesai menjawab? Berikut ini adalah hasilnya:


A. Potensi ambang
Kelihatannya, Anda memiliki potensi untuk mengidap gangguan kepribadian ambang. Perubahaan suasana hati Anda begitu ekstrem. Pada suatu waktu, Anda bisa begitu berbahagia. Tetapi beberapa jam kemudian, Anda merasa kesal, marah, dan sedih hanya karena sebuah hal remeh. Selain itu, Anda menganggap bahwa di dunia ini hanya ada manusia yang baik, dan yang buruk. Tidak ada abu-abu.

Anda pun memiliki persepsi yang berubah-ubah terhadap diri sendiri. Sampai-sampai, Anda tidak mengenali bagaimanakah diri Anda. Intinya, Anda merasa memiliki banyak masalah, meskipun sebetulnya, tidak ada masalah apa-apa.

Namun sebaiknya, Anda pergi ke psikiater untuk memeriksakan apakah betul Anda mengidap BPD. Pasalnya, kuis tidak serta merta dapat dijadikan tolok ukur yang valid.

B. Agak Moody
Anda memang agak moody. Namun perubahan suasana hati itu tidak ekstrem. Paling-paling, Anda hanya merasa kesal bila memang ada hal yang betul-betul menyebalkan. Hubungan Anda dengan diri sendiri dan dengan orang lain pun cukup stabil. Hanya saja, terkadang Anda harus memahami bahwa tidak semua hal berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

C. Life is good, just like you.
Anda bisa mengontrol emosi Anda. Andapun cenderung tidak memusingkan apa yang terjadi di sekitar. Masalah jelas ada, namun bagi Anda, inilah hidup. Anda pun memahami bahwa tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini. Termasuk Anda sendiri.

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe