When You Feel So Red

10:26

Datang bulan memang bukan termasuk kondisi terbaik bagi para perempuan. Selain suasana hati yang campur aduk, bagian kewanitaan yang lembab -belum lagi ditambah dengan kekhawatiran apabila pembalut yang kita gunakan tak mampu menampung banyaknya darah menstruasi. Terlebih beredarnya berita baru-baru ini, yang mengatakan kalau beberapa merk pembalut di pasaran mengandung klorin (meskipun hal tersebut telah dibantah oleh pemerintah, sih).

Well, semua itu jadi membuat datang bulan menjadi sangat menyebalkan. Rasa gerah, rasa kotor, mau tak mau menambah buruk mood kita. Tapi sebetulnya, menstruasi bisa jadi nggak menyebalkan kok, asal kita tahu tip-tipnya. Apa saja sih?

1. Rutin mengganti pembalut
Ini tips yang sudah tidak asing lagi bagi semua perempuan. Sayangnya, banyak di antara kita yang malas mempraktekkannya. Terlebih dengan adanya pembalut sepanjang lebih dari 30 cm. Perasaan aman, tidak takut bocor, membuat kita jengah mengganti pembalut serutin mungkin.

Padahal, pembalut yang tidak diganti dalam waktu lama, akan menyebabkan bagian kewanitaan menjadi lembab, dan dapat menyebabkan iritasi di sekitar selangkangan, lho! So, jangan lupa ganti pembalutmu, minimal 3 kali sehari. Terlebih di saat banyak-banyaknya.

2. Dompet pembalut
Pembalut memang sudah dibungkus dengan plastik khusus. Tetapi, nggak lucu kan kalau pembalut kita berserakan di dalam tas? Apalagi plastiknya rentan robek, dan dapat mengundang kuman untuk masuk ke dalam. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa dompet untuk pembalut. Kalian bisa menggunakan tempat pensil, atau dompet-dompet bonus yang biasa tertera dalam promo pembalut.

3. Bawahan longgar
Sebetulnya, celana yang ketat tidak baik untuk bagian kewanitaan, karena bisa menyebabkan keputihan. Apalagi ketika menstruasi. Selain dapat membuat daerah kewanitaan semakin pengap, darah menstruasi pun berpotensi untuk tembus, lho.

Untuk itu, gunakan celana yang longgar, terlebih ketika menstruasi. Begitu pun celana dalam, yang dapat memberi ruang bagi daerah kewanitaan kita.

4. Membersihkan daerah kewanitaan
Selain mengganti pembalut, jangan juga lupakan hal satu ini, ya. Tentu saja, darah menstruasi adalah darah kotor yang penuh dengan kuman, dan bila tidak sering-sering dibersihkan, akan membuat daerah kewanitaan tidak higienis

5. Kegiatan yang seimbang
Kalian orang yang aktif? Ketika sedang banyak-banyaknya, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktifitas yang membutuhkan gerakan ekstrem, atau yang berhubungan dengan air. Berenang, misalnya. Pasalnya, gerakan yang banyak dapat membuat kalian berkeringat, dan membuat daerah kewanitaan jadi lembab. Selain itu, darah yang mengucur pun semakin banyak.

Sumber foto: Pinterest

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe