Pura Vida Conspiracy: When Gypsy Married to Punk

20.01

Sejak Voi-La Intruder, Gogol Bordello memang sudah disebut sebagai band dengan aliran gypsy-punk. Tetapi pernikahan musik punk yang bloody dan morbid, dengan folks dan musik kabaret terdengar makin jelas pada album terakhir mereka, Pura Vida Conspiracy, yang dirilis  tahun 2013.
Misalnya, dalam lagu berjudul Lost Innocent World. Lagu yang berkisah tentang seseorang yang mendambakan kematian dengan berbagai cara -supaya ia bisa bertemu segala hal yang ia rindukan-  ini menggunakan alunan akordeon, yang berkejar-kejaran dengan hentakan drum kencang dan cepat. Gypsy? Punk? Perkawinan antar keduanya. 

Duet antara musik gypsy dan punk ini semakin terdengar pula dalam Gypsy Auto Pilot, yang juga menambahkan aksen gitar elektrik, sekali lagi, masih berkejar-kejaran dengan alunan akordeon dan juga drum.

Meskipun begitu, dalam album ini, grup musik yang kebanyakan personelnya berasal dari Rusia ini masih menyisipkan lagu akustik, satu nuansa dengan Sun Is On My Side di Album yang lalu. Berjudul I Just Realized, lagu ini dipenuhi dengan petikan gitar, begitu syahdunya menceritakan tentang seseorang yang tidak dapat lari dari perasaannya. Where is the exit? Of course there is not, begitu petikan lirik yang menurut saya paling mengena dalam lagu ini. Meski merupakan sebuah band yang sangat bohemian, tapi untuk lagu cinta, saya akui Gogol Bordello sangat romantis, bentuk romantis yang tidak picisan. 

Dan seolah lebih menekankan pada identitas musik indie gypsy, bohemian, dan dinamis, akordeon, berbeda dengan alat musik lain yang tampil silih berganti, selalu hadir dalam setiap lagu Gogol Bordello. Yes,  their genre is absolutely gypsy, tetapi bentuk gypsy yang tidak membosankan, dan bila musik adalah hidangan, Pura Vida Conspiracy adalah makanan yang kental dengan konsep tradisional, tetapi dengan kemasan dan bumbu-bumbu yang lebih baru. Menciptakan paduan rasa yang mengejutkan. 

Atau kalau Pura Vida Conspiracy adalah sebuah tempat, ia seperti peralihan kenyataan dan ekspektasi, seperti tempat di antara bangun dan tidur. Mimpi? Terlalu nyata untuk disebut mimpi, tetapi cukup absurd untuk disebut nyata. Pura Vida Conspiracy adalah lapisan ide-ide Gogol Bordello yang semestinya dilepas dan dibedah satu per satu untuk memahami maknanya. Masalahnya adalah, ada berapa lapis ide yang harus dibedah?

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe