Detect The Earthquake From Your Phone!

14.15



Tak hanya untuk chatting, ponsel Anda pun kini dapat mendeteksi gejala alam, lho!

Gempa berkekuatan 5,7 SE yang terjadi di Ciamis dan turut terasa di sejumlah daerah, seperti Yogyakarta misalnya, tentulah membuat kita menjadi cemas. Meski mungkin tak separah Tsunami 2004 atau Gempa Yogyakarta 2006, tetapi gempa, sekecil apapun skalanya, tak bisa  dianggap main-main. Pasalnya, ancaman gempa susulan dan tsunami pun tak pelak dapat terjadi.
Namun di era yang begitu maju saat ini, untungnya tak hanya BMKG saja yang dapat mendeteksi gempa. Ponsel Anda pun rupanya dapat mendeteksi gempa, lho. Yap, dengan berbagai aplikasi pendeteksi gempa yang ada di Play Store, tentunya. Selain mudah, ukurannya pun tidak kelewat besar.
Nah, apa saja sih, aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi gempa dark ponsel Anda? Let's check these out.
1. Earthquake Alert (Android)

Dengan ukuran 3.5 MB, aplikasi ini mampu mendeteksi titik-titik gempa terbaru di seluruh dunia, serta gempa-gempa yang pernah terjadi. Khusus Amerika Serikat, dapat dideteksi hingga magnitude +1.0. Sementara itu, untuk negara lain, gempa dapat dideteksi hingga magnitude +4.5.
Selain itu, terdapat pula informasi perihal kemungkinan terjadinya gempa, kedalaman gempa, serta Azimuthal Gap dari sebuah kemungkinan terjadinya gempa di suatu daerah.

2. Vibration Meter (Android)

Berfungsi seperti detektor seismik, Vibration Meter menggunakan sensor ponsel untuk mendeteksi kemungkinan gempa. Nilai ukur pada aplikasi ini sendiri menggunakan skala MMI (Mercalli Intensity Scale), dengan keakuratan yang dapat ditingkatkan hingga nilai 10-11

3.Quakes-Earthquake Notifications (iOS)

Pengguna iPhone pun kini dapat mewaspadai gempa dengan aplikasi bernama Quakes-Earthquake Notifications. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui seberapa jauh mereka berada dari pusat-pusat gempa, terutama yang berpotensi gempa dalam waktu dekat.

4. Gempaloka (Blackberry)

Seperti Earthquake Alert dan Quakes-Earthquake Notification, Gempaloka juga dapat memberikan sinyal lokasi seismik, serta memperlihatkan wilayah-wilayah yang berpotensi gempa dalam waktu dekat. Namun kekurangannya adalah, layar yang terlalu kecil, sehingga membuat kita merasa tidak nyaman saat mencari titik gempa di dalam peta.
Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati pada ancaman gempa, dan jangan pernah lengah. Semisal gempa terlanjur terjadi, selamatkan diri Anda dengan melakukan langkah-langkah seperti lari ke tempat yang lapang dan menyelamatkan diri di bawah meja yang kokoh.

Foto: Berbagai sumber

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe