Bastille Day, Bleu Blanc Rouge

20.12

Tanggal 14 Juli  dirayakan oleh Prancis sebagai "Hari Kemerdekaan" mereka. Tapi bukan merdeka dari bangsa lain, melainkan dari kekuasaan monarki absolut. Hari itu adalah hari penyerbuan Bastille, penjara yang disebut-sebut sebagai penjara yang paling sulit ditembus. Namun nyatanya, perlawanan rakyat yang besar mampu meruntuhkan tembok kokoh Bastille. Hal ini di kemudian hari dikenal dengan Revolusi Prancis.

Berbeda dengan momen penyerbuan yang penuh dengan kekerasan dan kerusuhan, Hari Bastille kini dirayakan oleh masyarakat Prancis dengan pesta dan parade gemerlap nan cantik di Champs-Élysees, distrik paling ramai di Prancis di mana semua hiburan berada di sana. Seperti pada tahun ini, malam 13 Juli sebelum Hari Bastille diisi dengan tarian-tarian daerah nan cantik di sepanjang jalan. Dan kemudian, disusul dengan kembang api cerah meriah di atas Menara Eiffel yang sinarnya berganti-ganti warna. Seperti kecantikan yang eksotis dan sulit dilupakan.

Really, you'll love it. C'est trop aimable. Dan kabar baiknya adalah, pada musim panas seperti ini, banyak warga Paris yang pergi berlibur ke pantai, dan menyewakan rumah-rumah mereka dengan harga yang menarik.

Dan ketika pagi tiba, pesta belum usai. Karena pada pagi harinya, akan ada Bastille Day Military Parade ( Défilé militaire du 14 Juillet) yang dimeriahkan oleh angkatan bersenjata Prancis, mulai dari parade baris-berbaris dan pasukan berkuda, parade tank, hingga parade pesawat tempur yang mengeluarkan asap panjang berwarna biru-putih-merah. Liberté, égalité, fraternité.

Is that kinda funny celebration of independence day? Bien sûr!

You Might Also Like

0 komentar

Our Shop

Subscribe